Rabu, 21 Oktober 2009

Pemeliharaan Computer

Tips
Pemeliharaan Computer

• Bersihkan debu atau kotoran yang melekat pada computer.

• Hindari kebiasaan merokok saat menggunakan computer karena debu rokok akan terhisap oleh kipas computer.

• Untuk ruangan yang tidak mempunyai AC (air conditioner) harus labih di perhatikan kebersihannya karena kotoran dan debu akan lebih mudah melekat pada computer.

• Bersihkan debu dan kotoran pada bodi computer dengan kain pembersih yang lunak, seperti kain lap kacamata. Gunakan cairan alcohol sebagai pembilasnya, tetap jang menggunakan air karena air mengandung ion elektrik (pengantar listrik).

• Untuk menahan dan meredamkomputer dari panas, gunakan ruang kerja computer yang memiliki air conditioner(AC). Jika tidak ada gunakan kipas (fan) untuk pendingin yang diarahkan kekomputer, Selain itu, sebaiknya didalam computer juga dipasang alat pendingin kipas (fan) khusus yang diletakkan di samping power suplay dan diatas harddisk.

• Penggunaan kipas di dalam computer membantu mendinginkan beberapa komponen computer, seperti memori ROM, prosesor, dan perangkat motherboard.

• Jika drive tidak bisa membaca, kemungkinanpenyebabnya, yaitu:drive kotor, rusak, atau karena kabel drive tidak terhubung dengan baik. Berikut cara mengatasinya.

- Hindari debu atau kotoran yang melekat pada disk drive atau optic drive. Biasanya terjadi karena factor lingkungan dan ruangan kerja computer yang tidak menggunakan pendingin (AC)
- Bersihkan drive dengan cairan pembersih (cleaner) yang umumnya sdah banyak dijual. Caranya, teteskan cairan cleaner pada keeping berbentuk disk. Masukka kepingan tersebut kedalam disk drive atau optic drive. Secara otomatis kepingan disk akan membersihkan drive-nya sampai berhenti. Lakukan pengulangan maksimal dua kali proses pembersihan. Selanjutnya, dicoba dengan disk data.

• Ketika menemukan mouse computer anda tidak bisa bekerja dengan baik, kemungkinan besar hal ini terjadi karena kotoran yang melekat didalam elemen alat ini. Yang perlu anda lakukan adalah: bersihkan bola mouse dengan membuka tutup yang berada dibawahnya. Tempatkan pegas pada posisinya untuk penyangga bola mouse. Kabel mouse yang tidak berhubungan dengan benar pada port I/O-nya juga bisa menyebabkan masalah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar