Minggu, 25 Oktober 2009

HARDWARE

A. MOTHERBOARD

Chipset
Chips atau chipst merupakan potongan-potongan kecil silicon yang digunakan untuk menyimpan informasi dan instruksi computer. Setiap kmponen computer memiliki paling tidak sebuah chip di dalamnya. Chipset pada motherboard mengontrol masukan dan keluaran (inpuy dan output) yang mendasar dari computer. Chipset pada video card mengontrol rendering dari grafik ke 3D dan output dari gambar pada monitor Anda. CPU merupakan salah satu contoh chip yang sangat penting. Chipset motherboard, misalnya BX, i810, i820, dan banyak lagi lainnya.

FSB (Front Side Bus)
Pada microprocessor, FSB menghubungkan processor dengan memory utama. Dan juga digunakan untuk mengomunikasikan antara processor dengan komponen lainnya yang ada di motherboard.

HSF( Heat Sink Fan)
Sebuah komponen CPU yang dipakai untuk menyerap panas. Biasanya terbuat dari aluminium. Pemakaian fan sebagai penyerap suhu ini akan meningkatkan performa kerja computer.

IDE (Integrated DriveElectronic)
Sebuah tipe hardware interface yang berfungsi untuk menghubungkan harddisk, CDROM, dan drive tape pada sebuah PC. IDE sangat popular dan banyak digunakan karena menyediakan cara yang terhitung ekonomis untuk menghubungkan komponen – komponen hardware.

IDE Controller
Salah satu fungsi yang dimiliki chipset pada motherboard, untuk mengatur komunikasi data pada harddisk, CDROM, dan sebagainya, serta memanagement-nya.

LGA775
Memiliki kepanjangan Land Grid Array, adalah jenis socket yang digunakan CPU khususnya Intel, dimana kini pin berada di socket, bukannya di processor lagi. Sedangkan angka 775 menunjukkan banyaknya laki – laki pin processor.

MicroATX
Salah satu jenis ukuran / dimensi dari motherboard, atau jga casing untuk menempatkan motherboard.

B. NOTEBOOK

BrightView
Suatu fitur yang biasanya berada pada setting monitor berbentuk LCD. Fitur ini memungkinkan tampilan kontras warna menjadi lebih tajam dan jelas. Masing – masing produsen notebook memiliki istilah tersendiri untuk fasilitas yang serupa.

PC Card
Kartu ekspansi yang biasanya digunakan pada notebook, tersebut memiliki fungsi – fungsi baru, seperti WLAN, Bluetooth, Sound, dan lain – linnya. PC Cardini terbagi menjadi tiga jenis. Type I, Type II, dan Type III. Perbedaan bentuk diantara ketiganya, hanya berada pada tingkat ketebalan tiap card. Type I yang memiliki ketebalan 3,3 mm biasanya digunakan sebagai kartu memory. Type II dengan ketebalan 5 mm biasanya digunakan untuk alat – alat yang berfungsi sebagai I/O, seperti modem, LAN, dan lain – lainya. Untuk Type III, dengan ketebalan 10,5 mm biasanya digunakan untuk alat seperti micro drive atau komponen lainnya yang memiliki dimensi ketebalan yang lebih besar.

PCMCIA
Kependekan dari Personal Computer Memory Card International Associtian, adalah sebuah organisasi yang beranggotakan dari lebih dari 500 perusahaan, dimana telah mengembangkan sebuah standar untuk komponen yang berukuran kecil. Kurang lebih sebesar kartu kredit, dan biasa disebut PC Card. Di mana penggunaan meyoritas untuk computer notebook.

SO-DIMM
Kependekan dari Small Outline DIMM, merupakan versi lebih kecil dari DIMM standar yang biasnya digunakan pada computer notebook. SO-DIMM terbagi menjadi dua jenis yang memiliki jumlah pin sebanyak 72 pin. Ia merupakan memory ber-interface 32-bit. Sedangkan, untuk jenis 144 pin adalah memory yang interface 64-bit.

TFT LCD
Penggunaan teknologi thin-film transistor pada Liquid Crystal Disply. Penggunaan layar ini juga termasuk bagian dari yang disebut active matrix LCD. Selain pada layar notebook, dapat ditemukan juga pada projector, monitor LCD, bahkan mulai pada tahun 2004 juga menggantikan CRT pada televise.

C. RAM

Accesss Time, Timing
Suatu pengukuran waktu dalam satuan nanoseconds (ns) yang diguakan untuk menunjukkan kcepatan suatu memory. Access Time ini dientukan, saat dimulai kali pertama CPU mengirimkan permintaan data ke memory hingga pada waktu CPU menerima data yang diminta tersebut.

Bandwidth
Merupakan suatu kapasitas maksimal dalam proses memindahkan data di dalam jaringan elektronik seperti Bus atau Channel. Lebih singkatnya, yaitu jumlah data meksimal yang dapat di pindahkan dalam satuan waktu tertentu. Ia diekspresikan dalam bit, byte, Hertz.

Buffered
Buffered ini maksudnya menambahkan kmponen logika tambahan kedalam sebuah SIMM atau DIMM untuk meningkatkan arus keluaran. Ini dilakukan untuk menghindari pengurangan kualitas sinyal data akibat dari proses kapasitansi. Modul Memory yang termasuk jenis “buffered”, biasanya memiliki chip – chip buffer kecil.

CAS
(Columns Address Select/Strobe) adalah sebuah pin pengontrol yang ada pada sebuah chip DRAM yang digunakan untuk memilih dan mengaktifkan alamat – alamat kolom pada memory. Sebuah kolom yang dipilih pada DRAM, ditentukan oleh data yang berada pada pin – pin alamat ketika CAS menjadi aktif.

EPP
Kependekan dar Enhanced Performance Profile, adalah teknologi profile memory PC yang dikembangkan oleh nVIDIA. Teknologi ini utamanya didesain agar membuat proses overclocking menjadi lebih mudah.

XMP
Atau Xtreme Memory Profile adalah teknologi profile memory yang dikemangkan oleh Intel dan diproduksi dengan kerja sama berama Corsair. Teknologi ini una dapat bersaing dengan EPP dan SLI-memory dari nVIDIA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar