Jumat, 23 Oktober 2009

ISTILAH - ISTILAH DALAM AKUNTANSI

AKUNTANSI (accounting): suatu disiplin ilmu yang menyediakan informasi penting sehingga memungkinkan adanya pelaksanaan dan penilalian jalannya perusahaan secara efisien.

AKUNTAN ( accountant): Tenaga – tenaga akuntansi secara umum dapat didefinisikan sebagai mereka yang mempunyai pengetahuan dibidang akuntansi. Gelar bagi yang telah lulus ujian akuntansi yang telah ditetapkan dalam undang – undang No.34 Tahun 1954.

AKUNTANSI KEUANGAN (financial accounting): bidang akuntansi yang berhubungan dengan penyusunan laporan keuangan secara berkala untuk suatu unit ekonomi secara keseluruhan kepada pihak – pihak diluar perusahaan.

AKUNTANSI BIAYA (cost accounting): bidang akuntansi yang berhubungan dengan pengumpulan,analisis, dan pengontrolan atas biaya.

AKUNTANSI MANAJEMEN (management accounting): bidang akuntansi yang berhubungan dengan pemecahan masalah – masalah khusus yang dihadapi oleh manajemen perusahaan.

AUDITING (auditing): bidang akuntansi yang berhubungan dengan pemeriksaan secara bebas atas akuntansi keuangan.

AKUNTANSI PEMERINTAH (governmental accounting): bidang akuntansi yang berhubungan dengan pencatatan dan pelaporan transaksi yang terjadi dalam badan – badan Pemerintah.

AKUNTANSI PERPAJAKAN (tax accounting): bidang akuntansi yang berhubungan dengan penyusunan surat pemberitahuan tahunan (SPT) dan segala sesuatu yang mengenai perpajakan.

AKUNTAN PUBLIK (public accountant): kadang – kadang istilah untuk ini adalah akuntan ekstren(external accountant) atau auditor akuntan yang memberikan jasa – jasanya untuk suatu pembayaran tertentu. Ia merupakan akuntan professional yang diberi izin oleh Negara untuk berpraktik sebagai akuntan swasta.

AKUNTAN INTERN (internal accountant): akuntan yang bekerja untuk suatu perusahaan atau organisasi tertentu.

JASA KONSULTASI MANAJEMEN (management advisory services): jasa yang diberikan oleh akuntan public dalam bidang pemberian nasehat tentang kebijakan dan administrasi kepada manajemen perusahaan.

LAPORAN AKUNTANSI ( accounting reports): semua laporan yang dihasilkan oleh system akuntansi diantaranya adalah laporan keuangan.

PEMBUKUAN (book-keeping): pencatatan data perusahaan dengan cara tertentu.

PEMERIKSAAN INTERN (intenal auditor): akuntan yang bekerja didalam perusahaan atau organisasi yang bertugas melakukan pemeriksaan untuk menentukan dipatuhinya kebjakan –kebijakan perusahaan yang telah ditetapkan.

PENGANGGRAN (budgeting): bidang akuntansi yang berhubungan dengan penyusunan rencana keuangan mengenai kegiatan perusahaan untuk jangka waktu tertentu di masa datang serta analisis dan pengontrolannya.

SISTEM INFORMASI (information system): bidang akuntansi yang berhubungan dengan perancangan dan pelaksanaan prosedur pengumpulan dan pelaporan data keuangan maupun non-keuangan.

UJIAN NEGARA AKUNTANSI (UNA): ujian yang diselenggarakan oleh Konsorsium Ilmu Ekonomi untuk memperoleh gelar akuntan bagi para lulusan/mahasiswa jurusan akuntansi fakultas ekonomi / akadmi suasta atau negri tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar