Rabu, 28 Oktober 2009

HARDWARE II

SPEAKER
Coaxial
Adalah salah satu bentuk kabelyang digunakan sebagia interkoneksi antara peralatan elektronik dan mengirimkan data audio atau video. Kabel jenis ini, memiliki karakteristikpenggunaan satu buah pin ditengah sebagai pengirim data, dan dikelilingi pelindung logam yang berperan sebagai ground. Selain mengirimkan data analog, coaxial juga dapat mengirimkan data digital.

Decoder
Dapat berupa software atau hardware, yang digunakan untuk mengubah data audio maupun video dari bentuk format digital menjadi bentuk aslinya.Yang biasanya berbentuk data analog seperti suara atau gambar.

Dolby Digital
Salah satu teknologi untuk menghasilkan suara surround digital. Biasanya, teknologi ini digunakan dalam pemrosesan dan pembentukan data audio untuk film-film dibioskop tau film-film pada media kepingan seperti DVD. Untuk mengoptimalkan teknologi Dolby Digital yang dikembangkan oleh Dolby Laboratories ini, dibutuhkan minimal 5 speaker full range dan 1 speaker lowfrequency (subwoofer). Atau juga bisa disebut konfigurasi 6- channel.

Drive atau Tranducer
Adalah nama lain dari speaker itu sendiri, dimana tidak termasuk boks maupun komponen elektronik lainnya seperti amplifier. Ukuran tiap driver biasanya ditentukan dari diameter membran speaker dengan satuan inchi.

Equalizer
Alat untuk untuk memperbaiki kualitas frekuensi yang diterima suatu rangkain transmisi. Alat ini biasanya dirangkaikan dengan alat transmisi lain.

High Level Frequency
Frekuensi level tinggi pada audio biasanya berkisar 3 KHz dan 16 KHz atau diatasnya. Ia lebih dikenal dengan sebutan treble.

Middle level Frequency
Frekuensi level menengah yang memiliki cakupan antara 250 Hz hingga 3 KHz. Pada sistem audio.


STORAGE DEVICES
CF
CompactFlash dipekenlakan pada tahun 1994, sebagai penerus PCMCIA/PC Card. Kebanyakan digunakan pada kamera digital. Type I (CF-I) memiliki dimensi 43x36x3,3 mm. Type II 43x36x5,5 mm. Kapasitas mulai dari 64 MB hingga 12 GB.

M2
Kependekan untuk Memory Stick Micro M2. Ukuran form factor terkecil untuk MS, hanya ¼ dari MS PRO Duo. Dimensi 15x12,5x1,2 mm.

microSD
mocroSD merupakan form terkecil dari SD Card. Dikenal juga dengan sebutan TransFlash. Diperkenalkan tahun 2004. Dimeni 11x15x1 mm dengan berat 0,4 gram. Kapasitas 16 MB-1 GB.

MiniSD
miniSD Card memiliki ukuran lebih kurang 60% dari SD Card. Mulai dipekerkenalkan pada tahun 2003. Writing protection switch tidak tersedia pada form ini. Dimensi 21,5x20x1,4 mm dengan berat 1 gram. Kapasitas 16 MB hingga 2 GB.

MS
Memory stick card diperkenalkan kali pertama pada tahun 1998 oleh sony Corporation, untuk dipergunakan pada perangkat-perangkat sony, khususnya kamera digital. Namun, terbatas untuk kapasitas 128 MB. Baru pada tahun 2003 diperkenalkan memory stick PRO, kapasitasnya dan kemampuannya berkembang.

MS PRO Duo
Memory stick PRO Duo adalah from factor kedua untuk MS. Dengan bentuk yang lebih kecil, digunakan juga pada mobile phone, dan PSP. Dimensi 31x20x1,6 mm dengan berat dua gram. Kapasitas 16 MB hingga 2 GB.

Transfer Rate Speed
Sama seperti pada optical drive, dinyatakan dalam satuan ‘X’. Dimana 1X=0,15 MBps.

TV TUNER
Analog
Adalah salah satu bentuk penyaluran sinyal-sinyal frekuensi tertentu. Bisa dalam bentuk listrik, gelombang, dan lain sebagainya. Sinyal analog tidak memiliki perbedaan yang jelas antara nilai variable satu dengan variable lainnya(continuous).

Composite
Sejenis interkoneksi kabel didunia audio video untuk beragam peralatan elektronik, seperti DVD player, VCR, comcoder, dan lainnya. Umumnya, ia berukuran 3,5 inchi.

Scanning
Proses yang menggunakan alat input elektronik tertentu (dalam hal ini TV Tuner)untuk mengubah informasi analog dari gelombang broadcast yang didapat (bisa juga digital), agar bisa dikenalli oleh computer untuk diolah sehingga dapat muncul dimonitor dalam bentuk gambar, dan suara di speaker.

NTSC
National Television System Committee, adalah komite yang diorganisasi oleh (EIA) yang mengembangkan standar penyiaran TV di Amerika dan beberapa Negara lainnya.

PAL
Kependekan dari phase-alternating line (bahasa Indonesia: garis alternasi fase), adalah sebuh encoding warna yang digunakan dalam siaran televisi. PAL dikembangkan dijerman oleh Walter Bruch, yang bekerja di telefunken.


PSU
High Efficiency
Efisiensi pada PSU adalah rasio perbandingan antara daya yang masuk (input power), dibandingkan dngan daya yang dihasilkan (outut power). Makin tinggi rasio efisiensi, makin sedikit panas yang dilepaskan PSU. Sedikit banyaknya akan mempengaruhi beban listrik, yang akan berpengaruh dengan tagihan listri Anda. Ini juga memungkinkan tingkat kebisingan PSU lebih rendah, karena dibutuhkan pendingin yang minim dibanding PSU berefisien rendah.

Active PFC
Karakteristik catuan daya arus bolak-balik (AC) memiliki dua macam perhitungan daya (power), yaitu active dan reactive. Reactive power pada PSU dapat dihasilkan dari beban yang nonlinier. Sewaktu-waktu PSU akan terbebani dengan High impulse, yang akan mempengaruhi tegangan masukan (main voltage). Dengan active PFC, high impulse reactive power ini dapat ditekan seminimal mungkin. Active PFC memungkinkan transformer PSU mengonsumsi daya secara propesional, sesuai kebutuhan. Di Negara maju, fitur actife PFC mulai direncanakan menjadi fitur wajib sesuai standar Energy Star.

Power Factor
Rasio perbandingan antara active power disbanding total dari active dan reactive power. Pada kebanyakan PSU, nilai power factor pada kisaran 0,65. PSU dengan active PFC akan memiliki power factor antara 0,97-0,99.


NETWORK
802,11a
Standar wireless network dengan maximum data transfer rate 54 Mbps dan bekerja pada frekuensi 5 GHz.

802.11b
Standar wireless network dengan maximum data transfer rate 11 Mbps dan bekerja pada frekuensi 2,4 GHz.

802.11g
Standar wireless network dengan maximum data transfer rate 54 Mbps ( typical 200Mbps) dan bekerja pada frekuensi 2,4 GHz.

802.11n
Standar wireless network dengan maximum data transfer rate 600 Mbps dan bekerja pada frekuensi 2,4 GHz atau 5 GHz.

Acccess Point
Suatu alat yang memungkinkan computer berperangkat wireless dan alat – alat lainnya untuk berkomunikasi via jaringan berkabel. Ini juga digunakan untuk memperluas jangkauan jaringan nirkabel.

Channel
Di dunia komunikasi, channel merujuk kepada media yang di gunakan untuk membawa informasi dari si pengirim (transmitter) ke penerima (receiver).

Ethernet
Suatu protocol Local Area Network (LAN) yang dikembangkan Xerox Corporaion bersama dengan DEC dan intel pada sekitar tahun 1976.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar