Senin, 04 Oktober 2010

WATCH TRANSLATER (Jam Tangan Penterjemah)

Selama ini kita hanya mengenal jam tangan sebagai media atau alat untuk mengetahui waktu. Tapi tidak pernah dipikirkan oleh kita untuk membuat jam tangan sebagai media translitan atau penterjemah bahasa. Bentuk jam tangan yang simple dan mudah di pakai serta mudah dibawa kemanapun, bisa berfungsi ganda.

Selama ini kita hanya mengetahui jenis translitan sejenis kalkulator. Atau melalui sistim penterjemah lainnya. Padahal mungkin saja sistim penterjemah dengan media jam tangan lebih efisien.

Sebagai contoh jika kita seorang wisatawan yang bekunjung ke korea atau kenegara lainnya. Kita pasti menggunakan translitan bahasa tersebut. Apalagi kita tidak tau penggunaan bahasa yang tepat, saat berada di negara tersebut. Dengan adanya jam tangan sebagai penterjemah, kita bisa mengungkapkan keinginan kita saat berada di negara tersebut, dengan bahasa yang benar.

Cara penggunaanya mirip dengan voice message atau pesan suara. Cuma bedanya kalau voice massage, kalimat yang kita ucapkan berubah menjadi tulisan berupa sms. Sedangkan bentuk dari penterjemah ini, kalimat yang kita keluarkan akan di save dan diproses, kemudian mengeluarkan suara dengan bahasa yang berbeda. Sesuai dengan bahasa yang kita pilih. Ada baiknya bentuk jam tangan berupa analog. Biasanya jam tangan analog lebih evisien dan banyak tombol – tombol yang bisa dimanfaatkan sebagai pelengkap jam tangan penterjemah.

Cara kerjanya kita tinggal mengucapkan bahasa Indonesia yang tepat, sesuai dengan EYD. Setelah itu klik save atau salah satu tombol yang berfungsi menyimpan atau mengesave suara kita. Dan pilih jenis bahasa apa yang kita inginkan. Klik ok pada salah satu tombol yang terdapat pada jam tangan tersebut. Dan dengan sendirinya akan mengeluarkan suara seperti tourist guide atau pemandu wisata.

Kelebihan dari jam tangan ini antara lain:
Dalam hal pengunaanya lebih evisien. Maksudnya dapat di pakai kemanapun, karna fungsinya juga sebagai media waktu.
Menghemat waktu. Dengan adanya jam tangan ini, kita bisa langsung berkomunikasi dengan pemakai bahasa lain dengan cepat. Dan
Yang paling utama bisa menghemat uang, dari pada harus menyewa tourist guide yang bisanya sangat mahal.

Dengan adanya jam tangan ini, kita bisa memanfaatkan AI (kecerdasan buatan) untuk kepentingan umum. Dimana tujuan AI sendiri digunakan untuk mempermudah manusia dalam berinteraksi dengan computer atau mesin. Karna pendalaman dari sistim berbasis pengetahuan itu sendiri di gunakan untuk mempermudah kerja manusia dengan menggunakan computer. Dimana Computer berfungsi untuk menggantikan pekerjaan manusia. Hal ini merupakan media utama pembentukan AI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar