Rabu, 27 Oktober 2010

Apa itu JAVA?

Kelebihan Java dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain.

Java merupakan bahasa pemrograman yang berbasis virtual Machine. Berarti bahasa java dapat dikompilasi atau diterjemahkan menjadi bahasa mesin atau singkatnya menjadi sederetan intruksiyang bisa dimengerti oleh mesin (CPU).untuk dijalankan. Sedangkan Virtual Machine merupakan istilah yang menggambarkan kedekatan fungsional. Dan bisa mengemulasi atau miniru.

Kelebihan utama dari java:
1. Dapat di jalankan dibeberapa platform / system operasi computer, sesuai dengan prinsip tulis. Bisa dijalankan dimana saja
. Dengan kelebihan ini. Pemrogram cukup menulis sebuah program java dan di kompilasi (diubah, dari bahasa yang di mengerti manusia menjadi bahasa mesin / bite kode ) Hasilnya dapat dijalankan diatas beberapa platform tanpa perubahan.
2. Sebuah program berbasis java dapat dikerjakan diatas operating system linux tapi dijalankan dengan baik diatas Microsoft windows.
Palatfrom yang didukung sampai saat ini adalah Microsoft windows, linux, mac os dan sun solaris.
3. System operasi menggunakan programnya sendiri – sendiri (yang dapat di unduh dari situs java) untuk menginterprestasi bite code.
4. OOP (object oriented programming - pemrogram bereorentasi objek) yang artinya semua aspek yang terdapat di java adalah obkjek.
Java merupakan salah satu bahasa pemrograman berbasis objek secara murni. Semua tipe data diturunkan dari kelas dasar yang di sebut object. Hal ini sangat memudahkan pemrogram untuk mendisain membuat, mengembangkan dan mengalokasi kesalahan, sebuah program dengan basis data secara cepat, tepat, mudah dan teroganisir. Kelebihan ini menjadikan java sebagai salah satu bahasa pemrograman termudah, bahkan untuk fungsi – fungsi yang advance, seperti komunikasi antara komputer sekalipun.
5. Perpustakaan kelasnya lengkap, java terkenal dengan kelengkapan Library / perpustakaan (kumpulan program – program yang disertakan dalam pemrograman java).
Yang sangat memudahkan dalam penggunaan oleh para pemrogram untuk membangun aplikasinya. Kelengkapan. perpustaakkaan ini ditambah dengan keberadaan komunitas java yang besar dan terus menerus membuat perpustakaan – perpustakaan baru untuk melingkupi pembangunan aplikasi. B
6. Bergaya c++ memiliki sintak seperti bahasa pemrograman c++.
Sehingga menarik banyak pemrogram c++ untuk pindah kejava. Saat ini pengguna java sangat banyak. Sebagian besar pemrogram c++ yang pindah kejava.
7. Pengumpulan sampah otomatis.
Dimana memiliki fasilitas pengaturan penggunaan memori sehingga para pemrogram tidak perlu melakukan pengaturan memory secara langsung( seperti hal nya dalam bahasa c++ yang di pakai secara luas).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar