Minggu, 04 Maret 2012

Ciri - Ciri Seorang Profesional Di Bidang IT

Ciri - Ciri Seorang Profesional Di Bidang IT

Antara lain:

Semua tingkat profesi pasti memiliki aturan, baik dari tingkah laku maupun etika. Dengan adanya etika masyarakat bisa dilindungi dari segala penyalahgunaan profesi yang bersangkutan.

Para professional dibidang IT mendapatkan keahlian dan kemampuannya melalui pendidikan dan pelatihan berkualitas tinggi, maka untuk mengontrolnya pun hanya dapat dilakukan oleh rekan-rekan sejawatnya. Dengan kata lain, aturan-aturan tersebut haruslah dibuat oleh orang yang bergelut di profesi yang sama.

Aturan-aturan tersebut biasa disebut sebagai kode etik. Seseorang yang melanggar Kode Etik dinyatakan melakukan malpraktek dan bisa mendapatkan sangsi tergantung kepada kekuatan Kode Etik itu di mata hukum. Sangsi yang dikenakan adalah mulai dari yang paling ringan, yaitu sekedar mendapat sebutan “tidak profesional” sampai pada pencabutan ijin praktek, bahkan hukuman pidana.

Ciri - ciri seorang profesional di bidang IT adalah :

a)Memiliki pengetahuan yang tinggi di bidang TI.
b)Memiliki ketrampilan yang tinggi di bidang TI.
c)Memiliki pengetahuan yang luas tentang manusia dan masyarakat, budaya, seni, sejarah dan komunikasi.
d)Tanggap thd masalah client, faham thd isyu-isyu etis serta tata nilai kilen-nya.
e)Mampu melakukan pendekatan multidispliner.
f)Mampu bekerja sama.
g)Bekerja dibawah disiplin etika.
h)Mampu mengambil keputusan didasarkan kepada kode etik, bila dihadapkan pada situasi dimana pengambilan keputusan berakibat luas terhadap masyarakat.

Kode Etik Software Engineering yang dikeluarkan oleh joint team IEEE Computer Society dan ACM terdiri dari dua bentuk, versi singkat dan versi panjang. Kode Etik ini menekankan agar software engineer (IT profesional) memiliki komitmen yang tinggi untuk menjaga agar profesinya adalah profesi yang bermanfaat bagi masyarakat dan merupakan profesi yang terhormat. Komitmen ini tercermin pada saat seorang software engineer melakukan kegiatannya dalam membangun software, mulai dari melakukan analisa, membuat spesifikasi, membuat design, melakukan coding, testing maupun pemeliharaan software.

Kode Etik seperti yang disebutkan di atas, ada beberapa aktor yang perlu diperhatikan:

a)Publik

Bertindak konsisten untuk kepentingan publik, seperti: menerima tanggung jawab penuh atas pekerjaan mereka sendiri, bersikap adil dan menghindari penipuan dalam semua pernyataan umum terutama mengenai software atau dokumen terkait, metode dan alat.

b)Client dan karyawan

Melakukan tindakan terbaik demi kepentingan klien dan atasan mereka, serta konsisten untuk kepentingan publik.

c)Produk

Memastikan produk yang terkait memenuhi standard profesionalisme yang ada.

d)Penilaian

Menjaga integritas dan kemandirian dalam penilaian profesional mereka.

e)Manajemen

f)Profesi

Meningkatkan integritas dan reputasi dari profesi mereka yang konsisten dengan kepentingan publik.

g)Mitra

Harus adil dan mendukung rekan kerjanya.

h)Diri sendiri

Selalu belajar mengenai praktek profesi mereka

Jenis - Jenis Ancaman Thread Melalui IT

National Security Agency (NSA) dalam dokuman Information Assurance Technical Framework (IATF) menggolongkan lima jenis ancaman pada sistem teknologi informasi.

1. SeranganPasif
Termasuk di dalamnya analisa trafik, memonitor komunikasi terbuka, memecah kode trafik yang dienkripsi, menangkan informasi untuk proses otentifikasi (misalnya password).

Bagi hacker, menangkap secara pasif data-data di jaringan ini bertujuan mencari celah sebelum menyerang. Serangan pasif bisa memaparkan informasi atau data tanpa sepengetahuan pemiliknya. Contoh serangan pasif ini adalah terpaparnya informasi kartu kredit.

2. Serangan Aktif
Tipe serangan ini berupaya membongkar sistem pengamanan, misalnya dengan memasukan kode-kode berbahaya (malicious code), mencuri atau memodifikasi informasi. Sasaran serangan aktif ini termasuk penyusupan ke jaringan backbone, eksploitasi informasi di tempat transit, penetrasi elektronik, dan menghadang ketika pengguna akan melakukan koneksi jarak jauh. Serangan aktif ini selain mengakibatkan terpaparnya data, juga denial-of-service, atau modifikasi data.

3. Serangan jarak dekat
Dalam jenis serangan ini, hacker secara fisik berada dekat dari peranti jaringan, sistem atau fasilitas infrastruktur. Serangan ini bertujuan memodifikasi, mengumpulkan atau memblok akses pada informasi. Tipe serangan jarak dekat ini biasanya dilakukan dengan masuk ke lokasi secara tidak sah.

4. Orang dalam
Serangan oleh orang di dalam organisasi ini dibagi menjadi sengaja dan tidak sengaja. Jika dilakukan dengan sengaja, tujuannya untuk mencuri, merusak informasi, menggunakan informasi untuk kejahatan atau memblok akses kepada informasi. Serangan orang dalam yang tidak disengaja lebih disebabkan karena kecerobohan pengguna, tidak ada maksud jahat dalam tipe serangan ini.

5. Serangan distribusi
Tujuan serangan ini adalah memodifikasi peranti keras atau peranti lunak pada saat produksi di pabrik sehingga bisa disalahgunakan di kemudian hari. Dalam serangan ini, hacker sejumlah kode disusupkan ke produk sehingga membuka celah keamanan yang bisa dimanfaatkan untuk tujuan ilegal.

Sumber: http://umamendut.blogspot.com/2010/10/cyber-crime.html
http://bluewarrior.wordpress.com/2010/03/19/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar