Kamis, 03 November 2011

3. SOCIAL NETWORKING

Situs jejaring sosial (bahasa Inggris: Social network sites) merupakan sebuah web berbasis pelayanan yang memungkinkan penggunanya untuk membuat profil, melihat list pengguna yang tersedia, serta mengundang atau menerima teman untuk bergabung dalam situs tersebut. Tampilan dasar situs jejaring sosial ini menampilkan halaman profil pengguna, yang di dalamnya terdiri dari identitas diri dan foto pengguna.

a. BBM

BlackBerry Messenger adalah program pengirim pesan instan yang disediakan untuk para pengguna perangkat BlackBerry. Aplikasi ini mengadopsi kemampuan fitur atau aktivitas yang populer di kalangan pengguna perangkat telepon genggam. Contohnya fitur di aplikasi Google Maps atau Yahoo Messenger hingga aktivitas dengan Facebook atau Twitter. Semuanya bisa didapatkan oleh pengguna perangkat BlackBerry pada aplikasi ini. BlackBerry Messenger merupakan salah satu keunggulan dari penggunaan perangkat BlackBerry selain layanan Push Mail. Layanan Messenger ini dibuat khusus bagi pemilik BlackBerry dan dirancang khusus untuk berkomunikasi di antara pengguna.
Cara menggunakan BlackBerry Messenger adalah dengan penghubung nomor PIN yang juga eksklusif dimiliki masing-masing perangkat BlackBerry.

b. FB

Pengertian facebook menurut wikipedia berbahasa indonesia adalah sebuah situs web jejaring sosial populer yang diluncurkan pada 4 Februari 2004. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 dan mantan murid Ardsley High School.

Atau dapat juga diartikan facebook adalah sebuah web jejaring sosial yang didirikan oleh mark zuckerberg dan diluncurkan pada 4 Februari 2004 yang memungkinkan para pengguna dapat menambahkan profil dengan foto, kontak, ataupun informasi personil lainnya dan dapat bergabung dalam komunitas untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan pengguna lainnya.

Bagi yang sudah mempunyai account facebook, untuk mulai beraktifitas di facebook dan berinteraksi dengan pengguna lain kita musti masuk/login terlebih dahulu via halaman facebook login. Sedang bagi pengguna baru / belum pernah daftar sebelumnya, tentu diwajibkan untuk mendaftar dahulu supaya mendapatkan account facebook baru. Caranya bisa dilihat di artikel sebelumnya cara membuat facebook. Kita tinggal memasukkan username(nama pengguna), alamat email, kata sandi, tanggal lahir, dsb seperti yang diminta di form registrasi dilanjutkan dengan langkah-langkah seperti yang diminta, mudah kok. Lalu, bagaimana untuk yang belum punya email, apakah bisa mendaftar facebook? Bisa, tapi harus buat email dulu. Panduannya bisa dilihat di sini cara membuat email.

Sejarah facebook berawal ketika Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 dan mantan murid Ardsley High School membuat situs jejaring sosial facebook. Yang pada mulanya pengunaannya hanya diperuntukkan bagi mahasiswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Universitas Boston, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League.

Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti: .edu, .ac, .uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs jejaring sosial ini.
Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sampai akhirnya, pada September 2006 Facebook mulai membuka pendaftaran bagi siapa saja yang memiliki alamat email. Pada waktu itu jumlah pengguna facebook terus bertambah. Sampai beberapa perusahaan besar seperti friendster, Viacom, bahkan Yahoo tertarik untuk membeli/mengakuisisi facebook. Tapi semua tawaran tersebut ditolak oleh Mark Zuckerberg sebagai pendiri Facebook meskipun harga yang ditawarkan terbilang fantastis. Friendster menawar 10 juta US dollar, Viacom 750 juta US dollar, dan yahoo 1 Milyar US dollar.

Pada akhirnya, langkah yang diambil zuckerberg tersebut sangatlah tepat karena facebook terus berkembang dan pada 2007 terdapat penambahan 200 ribu account baru perharinya. Lebih dari 25 juta user aktif menggunakan Facebook setiap harinya. Sampai pada 2009, penghasilan facebook mencapai nominal 800 juta US dollar. Malahan di tahun 2010 ini ditaksir angka itu akan melambung mencapai lebih dari 1 Milyar US dollar, wow. Yang mana sumbernya ditaksir dari hasil periklanan. Untuk jumlah pengguna, di tahun 2010 ini, menurut sumber terbaru yang saya baca sudah melebihi angka 500 juta user.

c. Skype

Skype merupakan satu sistem program kecil, yang bisa memberikan fasilitas telepon gratis kepada setiap pemakai Skype di seluruh dunia. Walaupun merupakan fasilitas telepon gratis tapi kualitas suaranya sangat jernih. Jika family, teman baik atau teman kantor anda menggunakan fasilitas webcam(kamera online), bisa melakukan panggilan video telepon gratis. Anda bahkan bisa menggunakan tarif telepon yang sangat murah untuk menelepon telepon lokal atau handphone, tanpa perlu ada setting biaya maupun biaya pengorderan.

Chat/ngobrol dalam group sudah seperti chat langsung, anda juga bisa menggunakan Skype untuk chat/ngobrol, dan bukan hanya ngobrol dengan 1 orang saja, menggunakan fasilitas chat group bisa langsung paling banyak chat/ngobrol pada saat bersamaan dengan 100 orang. Jika anda menikmati obrolan dalam group, anda bisa memberi tanda khusus/pembatas, untuk memudahkan lain kali bergabung lagi, sangat cocok untuk ngobrol atau menjaga hubungan komunikasi dengan keluarga atau untuk keperluan bisnis lainnya.

Skype bisa dipakai pada sebagian besar komputer yang menggunakan Windows, Mac OS X, Linux dan Pocket PCSkype. Pada sebagian komputer ini bisa saling berkomunikasi, ngobrol atau pengoperan data. Dengan akses internet bisa secara gratis berkomunikasi dengan semua pemakai Skype, merupakan keuntungan yang bisa didapat seumur hidup

d. Linkd In

Situs jejaring sosial yang berbasis bisnis, LinkedIn baru saja merilis sebuah fitur baru yaitu tombol “Apply With LinkedIn”. Sebuah tombol yang akan memudahkan para pengguna LinkedIn untuk Apply atau melamar pekerjaan. Fitur ini merupakan satu dari sekian banyak fitur LinkedIn untuk mewujudkan tujuan utama LinkedIn menciptakan sebuah aplikasi atau layanan pencarian pekerjaan masa depan.

Technical Product Manager LinkedIn, Jonathan Seitel mengatakan bahwa tujuan LinkedIn menambahkan tombol “Apply With LinkedIn” tersebut adalah untuk membantu setiap profesional pengguna LinkedIn untuk Apply diri pada suatu lowongan pekerjaan.
Tombol “Apply With LinkedIn” hampir mirip dengan tombol tweet Twitter atau tombol Like Facebook yang siapaun dapat meletakkannya di website yang dimiliki. Pada dasarnya tombol “Apply With LinkedIn” ini akana mengirimkan profile lengkap pengguna kepada para pemasang lowongan pekerjaan ketika pengguna mengklik tombol tersebut, jadi tidak diperlukan lagi surat lamaran pekerjaan. Setelah pengguna mengirim lamaran pekerjaannya via tombol “Apply With LinkedIn”, pengguna akan diberikan kesempatan untuk mengirip pesan kepada pemasang lowongan pekerjaan. Tujuannya untuk memberitahukan bahwa kita sudah mengirimkan lamaran atas lowongan pekerjaan tersebut.
Selain tombol “Apply With LinkedIn”, LinkedIn juga menawarkan sebuah fitur “Saved Jobs”. Fitur Saved Jobs adalah sebuah fitur yang memungkinkan pengguna LinkedIn mengelola setiap lamaran pekerjaan yang telah dikirimkan kepada para pemasang lowongan pekerjaan. Sehingga pengguna dapat memeriksa ulang lamaran-lamaran pekerjaan yang pernah pengguna kirimkan.

Bagi perusahaan yang tengah mencari pegawai baru, fitur “Apply With LinkedIn” ini merupakan sebuah fitur yang akan sangat memudahkan perusahaan dalam mengelola lowongan pekerjaan dan juga mengelola setiap pelamar pekerjaan. Perusahaan tak lagi harus bersusah payah melakukan check kelengkapan setiap surat lamaran pekerjaan yang diterima. Hal ini dikarenakan dari tombol “Apply With LinkedIn” itu saja, semua informasi tentang profile pelamar akan diterima oleh perusahaan. Jadi setiap perusahaan cukup mengintegrasikan tombol “Apply With LinkedIn” ke dalam website yang dimiliki saja.

Penerapan tombol “Apply With LinkedIn” didasarkan pada sebuah gagasan bahwa melamar pekerjaan menggunakan surat lamaran, mengisi form lamaran, dll adalah sebuah cara yang kuno. Mengapa harus mengisi ulang kembali form biodata diri atau cv jika semua informasi tersebut ada di profile LinkedIn? Cukup dengan menekan tombol “Apply With LinkedIn”, perusahan yang membuka lowongan pekerjaan dan pengguna yang ingin melamar pekerjaan akan sama-sama dimudahkan.

Sumber:
1. http://capasutri.blogspot.com/2009/06/apa-yang-dimaksud-dengan-provider.html
2. http://enengnurul.wordpress.com/2009/07/19/internet-service-provider-isp
3. http://id.wikipedia.org/wiki/Transmission_Control_Protocol/Internet_Protocol
4. http://www.sejutablog.com/istilah-istilah-dalam-jaringan
5. http://www.idafazz.com/pengertian-facebook.php
6. http://www.bamboo.hc.edu.tw/~synic/aceh/200607/skype/skype-id.html
7. http://id.wikipedia.org/wiki/BlackBerry_Messenger
8. http://www.idgeeks.net/2011/07/26/linkedin-rilis-tombol-apply-sebuah-
lowongan-pekerjaan/
9. http://www.sysneta.com/setup-jaringan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar